Harga 1 Kubik Bata Ringan di Mojokerto Semua Merk

Per Minggu ke 2 Oktober 2019

Bata Ringan Terbaru
Bata Ringan rata-rata memilki kualitas yang sama

Mendapatkan Harga 1 Kubik Bata Ringan terkadang menjadi tantangan tersendiri. Sebelum kita berbicara tentang Harga 1 Kubik Bata Ringan, mari kita lihat dahulu apa itu bata ringan.

Bata ringan merupakan bahan bangunan yang saat ini sedang naik daun, baik di kota-kota besar seperti Mojokerto dan sekitarnya, maupun di desa. Penggunaan bata ringan meliputi pembangunan rumah tinggal, bangunan bertingkat, bahkan bata ringan juga digunakan untuk pembangunan gedung-gedung tinggi. Ini menunjukkan adanya pergeseran penggunaan dari bata merah ke bata ringan sebagai bahan baku utama pembuat dinding atau tembok.


Mengapa Bata Ringan?

Makin banyak pengguna merekomendasikan bata ringan dengan Harga 1 Kubik Bata Ringan terbaru sebagai bahan baku utama pembuatan dinding. Hal ini dikarenakan bata ringan memiliki berbagai keunggulan dibandingkan bata merah, di antaranya sebagai berikut:

Bahan penyusun:

Banyak yang menyebut bata ringan sebagai batako ringan dan beton ringan. Tidaklah salah, karena bahan penyusun batako atau beton sebagian kecil terdapat pada bata ringan. Bata ringan  terbentuk dari campuran bahan-bahan berkualitas seperti pasir silika, semen, kapur, gypsum, air, dan pasta alumunium sebagai bahan pengembang. Namun Harga 1 Kubik Bata Ringan terbaru tetap akan lebih murah daripada beton.

Lebih Ringan

Bata ringan  lebih ringan dari bata merah karena di dalamnya terdapat banyak rongga udara yang terikat di dalam campurannya. Jika dibandingkan, bata ringan bisa sampai 3 kali lebih ringan dari bata merah. Bata ringan memiliki masa jenis 600 kg/m3. Sedangkan masa jenis bata merah dapat mencapai 1700 kg/m3. Struktur bata ringan  menyebabkan dinding bangunan menjadi lebih ringan. Karena bobotnya ringan, jika digunakan sebagai dinding, rumah akan menjadi lebih ringan. Secara keseluruhan beban struktur bangunan jadi lebih rendah sehingga tahan guncangan saat terjadi gempa bumi. Karena ringan, transportasi dan pengangkutan bata ringan  juga menjadi lebih mudah.

Tahan Tekanan.

Walaupun lebih ringan, bata ringan memiliki kekuatan yang lebih baik dari bata merah. Pada volume bata uji yang sama, rata-rata bata ringan memiliki kuat tekan >40N/cm2, sedangkan bata merah hanya sekitar 20 – 30 N/cm2. Bila dicermati dari masa jenisnya, maka material ini relatif memiliki kekuatan yang tinggi. Sangat sedikit bahan bangunan lain yang dapat mencapai tingkat ini.

Tahan Api

Dengan menggunakan bahan-bahan tidak mudah terbakar, bata ringan  memiliki nilai konduktivitas panas yang rendah. Bata ringan  memiliki tingkat ketahanan api tingkat ketahanan api (TKA) -/240/240/180 yang artinya bata ringan cukup mampu menahan api hingga 240 menit atau hingga 4 jam. Apabila terjadi kebakaran, bangunan dengan dinding dari bata ringan  akan lebih lama bertahan sehingga korban jiwa maupun kerugian materi dapat diminimalisir.

Kedap Suara

Dengan menggunakan bata ringan  sebagai bahan dinding rumah, privasi keluarga tidak perlu dikhawatirkan. Menurut pengujian yang telah dilakukan, bata ringan  mampu mereduksi bunyi sebesar 34 dB – 55 dB, sedangkan bata merah hanya mampu mereduksi bunyi hingga 46 dB.

Daya Serap Air Rendah

Bata ringan  menjadi ringan karena tersusun atas banyak pori-pori. Namun hal ini tidak membuat  menjadi mudah menyerap air. Proses produksi yang baik dan kualitas bahan baku yang prima mengakibatkan struktur pori dalam bata ringan  mengkristal. Bata ringan  memiliki tingkat penyerapan air sebesar 25%. Menurut SNI bata ringan  masuk ke dalam mutu pertama untuk kategori daya serap air beton.

Bentuk Lebih Presisi dan Ukuran Lebih Seragam.

Mesin potong khusus digunakan untuk memotong bata ringan sehingga ukuran dan bentuk lebih presisi dibanding bata merah atau batako yang dicetak satu persatu. Ukuran bata ringan  umumnya adalah 60x20x10 cm3 dan 60x20x7.5 cm3 serta toleransi ukuran panjang, lebar, dan tinggi masing-masing ±2 mm. Karena ukuran produksi presisi dan seragam, pemasangan bata ringan  jadi lebih efektif, rapi dan hemat waktu.

Ekonomis.

Harga satuan bata ringan terbaru memang lebih mahal dari bata merah. Namun jika menggunakan bata ringan sebagai bahan untuk membangun dinding rumah, pemasangan bata ringan akan menjadi lebih rapi sehingga membuat plester dan acian tembok tidak terlalu membutuhkan banyak semen dan pasir. Biaya acian dan plester dapat ditekan sebanyak 50%. Proses pemasangan bata ringan yang lebih praktis dan cepat juga dapat mengurangi biaya harian pekerja bangunan.

Tertarik Nih! Jadi… Berapa Harga 1 Kubik Bata Ringan Terbaru?

Harga 1 Kubik Bata Ringan di Kota/Kabupaten Mojokerto

Per Minggu ke 2 Oktober 2019

Merk Harga Per Kubik
Blesscon Rp 650.000
Bricon Rp 655.000
Citicon Rp 670.000
Falcon Rp 655.000
Focon Rp 620.000
Gracon Rp 630.000
Grand Elephant Rp 648.000
ICC Rp 610.000
Optima Rp 655.000
Priority One Rp 620.000

Keterangan:

  1. Harga dapat berubah sewaktu-waktu
  2. Harga tiap daerah berbeda-beda
  3. Kami hanya menyediakan informasi harga saja, tapi juga menjual bata ringan